Tuesday, May 3, 2016

Fakta Mengenai Lebah dan Madu di Al Quran

Assalamualaikum guys

Pada zaman sekaang ini siapa yang tidak kenal madu serta lebah? Kebanyakan orang pasti tahu tentang madu serta lebah lantaran banyak khasiatnya. Sampai kini, beberapa orang lebih mengetahui madu yang merupakan produk dari lebah yang berperan untuk mengatasi beragam penyakit.

Tetapi sesungguhnya Madu serta lebah memiliki keistimewaan yang lebih untuk mengatasi beragam penyakit. Keistimewaan lebah dan madu itu yaitu, madu serta lebah terdaftar dalam surat sendiri didalam Al-Qur’an.

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2013/03/worker_bee.jpg

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 69 :
وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah : “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibuat manusia. ” (QS. An-Nahl 68)

Keistimewaan Lebah dan Madu di Dalam Al Quran

Manfaat atau keistimewaan lebah dan madu pernah dikaji oleh ilmuwan Muslim yang populer di masa keemasan Islam. Ilmuwan itu yaitu Ibnu Sina (890-1037), yang di sebut sebagai bapak kedokteran dunia serta pemikir muslim agung di era ke-10 M itu terdaftar sebagai dokter yang sudah membahas tentang khasiat madu dari sisi kesehatan serta dunia kedokteran.

Manfaat dari madu bukan hanya untuk mengatasi beragam jenis penyakit. Bila kita mengambil hikmah dari surat An-Nahl ayat 69, kita bakal tahu bahwa product dari lebah yang bisa jadikan obat itu tak terbatas cuma pada madunya saja. Tetapi, banyak hasil olahan lebah yg tidak kalah berguna, salah satunya bisa berbentuk royal jelly, tepung sari (bee pollen) serta propolis lebah.

Seperti dalam firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 69 :
ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Kemudian maknlah dari tiap-tiap (jenis) buah-buahan serta tempuhlah jalan Tuhanmu yang sudah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang berbagai macam warnanya, di dalamnya ada obat mengobati untuk manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu betul-betul ada sinyal kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan. ” (QS. An-Nahl 69)

Berdasar pada surat An-Nahl yat 69 itu, diterangkan bahwa bahan yang keluar dari perut lebah dengan berbagai macam warnanya bisa jadi penyembuh untuk manusia. Pada ayat itu tak diterangkan tentang obat untuk penyakit yang spesifik. Walau demikian, kenyataan dilapangan sudah menunjukkan bahwa product lebah bisa mengobati beragam penyakit.

Lebah memanglah makhluk Allah yang istimewa, ia bisa memberi khasiat serta kesenangan untuk umat manusia. Seperti yang diterangkan didalam Al-Qur’an, sebagaimana Allah memerintahkan lebah untuk bikin sarang dengan mengambil makanan (getah) dari beragam tipe tumbuhan untuk jadikan madu serta product lebah yang lain.

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita. Salah satunya yaitu madu bisa menyingkirkan zat beresiko yang mungkin saja sudah menumpuk dalam pembuluh darah serta usus. Di samping itu, madu dapat juga dijadikan penambah stamina jika digabungkan pada minuman. Menambah kekebalan badan dan menyingkirkan dahak saat batuk.


Itulah beberapa keistimewaan lebah dan madu. Ada banyak lagi khasiat yang bakal kita peroleh saat konsumsi madu baik dengan cara langsung di minum maupun digabungkan dengan makanan serta minuman. Khasiat yang lain yang ditambahkan Allah dari madu yaitu satu zat makanan yang memiliki rasa yang sangatlah enak, minuman yang memberi kesegaran serta pemanis alami yang sangatlah baik untuk dikonsumsi.

Sumber:
https://beritasantai.com/keistimewaan-lebah-dan-madu-di-dalam-al-quran.html/
http://quran.com/16/

No comments:

Post a Comment