Sunday, May 8, 2016

Fakta Mengenai Lautan Dalam (Deep Sea) di Al Quran

 Assalamualaikum guys,

Pada kesempatan kali ini hal yang akan kita bahas adalah fakta mengenai lautan dalam yang dituliskan dalam Al Quran. Lautan dalam sejak dulu selalu menyimpan banyak rahasia yang sampai sekarang pun masih susah untuk dipecahkan. Tapi, ada fakta yang tertulis di Al Quran mengenai lautan dalam ini.
Ayat yang memuat fakta tentang lautan dalam ini ada pada Surat An Nur ayat 40.

أَوْ كَظُلُمَاتٍ فِي بَحْرٍ لُجِّيٍّ يَغْشَاهُ مَوْجٌ مِنْ فَوْقِهِ مَوْجٌ مِنْ فَوْقِهِ سَحَابٌ ظُلُمَاتٌ بَعْضُهَا فَوْقَ بَعْضٍ إِذَا أَخْرَجَ يَدَهُ لَمْ يَكَدْ يَرَاهَا وَمَنْ لَمْ يَجْعَلِ اللَّهُ لَهُ نُورًا فَمَا لَهُ مِنْ نُورٍ {40}

Artinya:
Atau (keadaan amal orang-orang kafir) seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh gelombang demi gelombang, di atasnya ada (lagi) awan gelap. Itulah gelap gulita yang berlapis-lapis. Apabila dia mengeluarkan tangannya, hampir tidak dapat melihatnya. Barang siapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikit pun
Tahukah kalian, jika kita menyelam hingga kedalaman 200 m dibawah permukaan air (yang jelas sangat mustahil tanpa adanya peralatan menyelam) kita akan sangat susah menemukan cahaya alias sangat gelap sekali. Dan apabila kita mencapai 1000 m dibawah permukaan air, tidak ada cahaya SAMA SEKALI.

http://www.islam-guide.com/ch1-1-f-img1.jpg
Fakta ini diambil dari buku Oceans, yang dibuat oleh Elder dan Pernetta. Perlu kita ketahui bahwa buku ini diterbitkan pada tahun 1991. Tahun yang termasuk modern, dimana para peneliti dan ilmuwan sudah mempunyai berbagai macam alat yang memadai untuk melakukan percobaan mengenai laut dalam ini.
Selain itu, para ilmuwan baru-baru ini menemukan keberadaan gelombang di dasar lautan, yang “terjadi pada pertemuan antara lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.” Gelombang yang dinamakan gelombang internal ini meliputi wilayah perairan di kedalaman lautan dan samudra dikarenakan pada kedalaman ini air laut memiliki massa jenis lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu.
Mari kita pikirkan bagaimana bisa pada jaman Nabi Muhammad SAW, suatu ayat bisa menyatakan fakta mengenai laut dalam selain karena Al Quran memang merupakan kitab yang paling benar dan penyempurna kitab sebelumnya.
Masya Allah sungguh besar kuasa-Nya

Sumber:
https://jejakjejakjejak.wordpress.com/2011/07/31/pembuktian-ayat-ke-40-surat-an-nur-dengan-saint/
http://www.islam-guide.com/frm-ch1-1-f.htm

http://www.quran30.net/2013/08/surat-nuur-ayat-1-64.html

No comments:

Post a Comment